Mengenal Aplikasi Point Of Sale

Aplikasi Point of Sale – Point of Sale atau biasa disebut POS (dibaca perhuruf), nama ini mungkin masih asing dei telinga orang awam. Tetapi keberadaan Aplikasi Point of Sale ternyata telah banyak digunakan oleh toko retail di berbagai belahan dunia. Sebut saja kedai kopi ternama dunia yang telah membuka banyak gerai di Indonesia dengan logo putri duyung warna hijau mentereng di mall kenamaan. Mereka juga memakai Point of Sale (POS) untuk memproses pesanan pelanggan. Dengan fungsi yang lebih canggih dari mesin kasir konvensional yang hanya dapat menghitung jumlah transaksi dan mencetak struk belanja. Jadi apa itu Point of Sale Online.

Definisi dari Point of Sale

Point of Sale Online (POS) merupakan sistem yang menjalankan proses dan juga transaksi keuangan yang dilengkapi dengan manajemen yang terintegrasi seperti proses transaksi penjualan layaknya mesin kasir namun dilengkapi perhitungan inventori / stok barang, perhitungan hutang piutang / pembukuan transaksi dan keuangan. Perkembangan teknologi dan kebutuhan akan informasi menjadi cikal bakal aplikasi Point of Sale yang di adaptasi dari mesin Kasir.  Aplikasi POS dapat kita temui di berbagai toko retail seperti restaurant, kedai kopi, minimarket, salon, dsb.

Manfaat dari aplikasi Point of Sale

Bila dibandingkan dengan mesin kasir konvensional yang hanya berfungsi untuk merekam transaksi penjualan, maka Point of Sale dengan fungsi yang lebih kompleks juga memiliki keunggulan tersendiri. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Fitur yang lengkap dengan fungsi maksimal
Fitur yang disediakan oleh POS tak sebatas menghitung transaksi penjualan atau mencetak struk. Fitur yang didapat antara lain transaksi jual dan beli, manajemen pajak dan diskon, manajemen inventory dan gudang, order pembelian (purchase order), manajemen akuntansi, laporan performa toko dsb.

2. Efisiensi kerja
Fitur POS dapat membuat operasional toko retail berjalan lebih cepat. Sebagai contoh, kasir tak perlu menginput data harga secara manual lagi karena data telah tersimpan di database komputer sebelumnya. Selain itu, data yang telah diinput kasir secara sistematis akan langsung terintegrasi ke server pusat sehingga memudahkan perusahaan untuk mengetahui detail penjualan tanpa perlu repot repot setiap hari memonitor toko.

3. Mengurangi human error
Kesalahan penghitungan yang biasa dilakukan secara manual dapat diminimalisir dengan kehadiran POS. Contohnya ketika pembeli menggunakan voucher ketika berbelanja, ditambah dengan potongan diskon, kolom dan perhitungan harga akan secara otomatis muncul di POS. Kasir tinggal menginput nominal voucher dan juga diskon, secara otomatis sitem POS akan menampilkan total harga yang harus dibayar pembeli.

4. Meningkatkan citra perusahaan
Menggunakan mesin kasir berbasis komputerisasi tentu akan meningkatkan prestige dan juga citra perusahaan karena masyarakat akan menilai bahwa pengelolaan usaha dilakukan secara professional yakni dengan menggunakan teknologi terkini.

Bagaimana Teknologi POS Bekerja?

Pada dasarnya Point of Sale memungkinkan pengguna memantau aktivitas penjualan, status stock dan inventory, dll. Kemudian semua fungsi tersebut dirangkum dalam sebuah laporan yang memberikan informasi detil kepada pengguna. Nah itu dia ulasan singkat tentang Point of Sale (POS), manfaat, dan juga cara kerja POS.Buat kamu yang mau coba Aplikasi Point of Sales bisa coba ISP POS dimana ada Free Trial 30 hari.

Share:

Written by

The author didnt add any Information to his profile yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
×
Halo, Ada yang bisa kami bantu ?